EVALUASI TAHAP DAMPAK PELATIHAN BAITUL ARQAM DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI SOSIAL GURU SMA MUHAMMADIYAH DI KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.288Keywords:
Pendidikan dan Latihan, Baitul Arqam, Kompetensi Sosial Guru.Abstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah evaluasi dampak pelatihan Baitul Arqam dalam
pembinaan kompetensi sosial guru SMA Muhammadiyah di kota Palembang. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi sosial guru. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian evaluasi Metode penelitian menggunakan metode mixed methods (penelitian
gabungan) yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
interview sebagai alat pengumpul data utama, observasi dan dokumentasi. Data diambil dari 2 sekolah yaitu
SMA Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 6 Palembang.Hasil penelitian ini dapat merumuskan
bahwa evaluasi pada tahap dampak pelatihan Baitul Arqam terhadap kompetensi sosial guru menunjukkan
hasil yang baik sekali dengan nilai rata-rata 4,51. Artinya pelatihan memberikan dampak positif kepada
peserta diklat dalam peningkatan kompetensi sosial guru.
References
Implementasinya (Jakarta: Prenada Media.
Akmal Hawi (2013), Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajagrafindo
Persada.
Amini., (2013), Penelitian Pendidikan, Perdana Publishing, Medan.
Arikunto. Suharsimi (2013), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
-------------------------, (2018), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:
Rineka Cipta.
A Rusdiana dan Yeti Heryati. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: Pustaka
Setia
B. Uno. Hamzah,(2014), Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang
Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.
--------------------, (2016), Profesi Kependidikan; Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan
di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.
Eko Widodo, Suparno (2015).” Manajemen Pengembangan Sumber Daya
Manusia”.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik. Omar (2009), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Kirkpatrick, D.L. & Kirkpatrick, J.D, (2008), Evaluating Training Programs The Four
Levels, San Fransisco: Barret Kohler Publisher.
Majelis Pendidikan Kader dan Dikti Litbang PP Muhammadiyah (2017), Pedoman
Perkaderan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ Aisyiyah, Yogyakarta: MPKPPM.
Nazir (2014), Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Noto Atmodjo. Soekidjo (2009), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka
Cipta.
Prilianti, Ratna (2017). Evaluasi Learning Penyelenggaraan Diklat Teknis Substantif
Multimedia bagi Guru Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Semarang.
Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 25-51
Sugiyono (2013), Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
------------ (2014), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta