IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL – QUR’AN MELALUI METODE MURAJAAH DAN TASMI’ PADA SISWA

Authors

  • Anisa Rahma Sari Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Edy Muslimin Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Indah Nurhidayati Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i2.403

Keywords:

Al-Qur’an Tahfizh Program, Murajaah Method, Tasmi' Method

Abstract

Kebanyakan orang dapat dengan mudah menghafal Al-Qur’an akan tetapi sulit untuk menjaganya, maka diperlukan metode-metode khusus untuk  memudahkan dalam menghafala dan juga menjaga hafalan tersebut, seperti penerapan metode murajaah dan tasmi’ yang dilaksanakan di SMA Nurul Istiqlal Wonosari Klaten. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan implementasi program tahfizh Al-Quran melalui metode murajaah dan tasmi’, 2) memaparkan hambatan implementasi program tahfizh melalui metode murajaah dan tasmi’ tingkat, 3) mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan implementasi program tahfizh melalui metode murajaah dan tasmi’ di SMA Nurul Istiqlal Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi hafalan Al-Qur’an di SMA Nurul Istiqlal  Wonosari Klaten menggunakan dua metode yaitu metode murajaah mandiri dan  metode murajaah bersama ustadz serta metode tasmi’ kepada musyrif tahfizh atau ustadz. 2) Hambatan dalam implementasi program tahfizh Al-Qur’an di SMA Nurul Istiqlal Wonosari Klaten adalah sumber daya pengajar yang  kurang profesional dan semangat siswa untuk menghafal masing kurang. 3) Solusi  untuk menghadapi hambatan implementasi program tahfizh Al-Qur’an di SMA Nurul Istiqlal Wonosari Klaten adalah dengan mencari sumber daya pengajar yang profesional dan memberi motivasi kepada siswa dan dilakukan pengawasan pelaksanaan program tahfizh.

 

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Sari, A. R., Muslimin, E., & Nurhidayati, I. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL – QUR’AN MELALUI METODE MURAJAAH DAN TASMI’ PADA SISWA. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(2), 806–815. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i2.403