Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Antusias Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i1.483Keywords:
Kata kunci: Pembelajaran berbasis otak, brain-based learning, PAIAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berbasis otak dapat meningkatkan minat peserta didik dalam menelaah pendidikan agama Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian ulang lapangan dan metode kualitatif. Wawancara dengan guru agama Islam di SD Terpadu Ma'arif Gunungpring, observasi langsung pembelajaran di dalam dan di luar kelas, dan dokumentasi aktivitas yang dipergunakan untuk mengumpulkan data. Data penelitian ini berasal dari guru agama Islam dan siswa kelas VI SD Terpadu Ma'arif Gunungpring. Temuan pembahasan penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran berbasis otak dalam pembelajaran pendidikan agama Islam telah dilakukan pada materi-materi tertentu yang relevan dengan siswa. Brain Based Learning merupakan suatu konsep perancangan pembelajaran yang difokuskan untuk memaksimalkan potensi otak siswa. Tiga strategi utama untuk menerapkan pembelajaran berbasis otak dapat dikembangkan. Pertama, menciptakan lingkungan belajar yang mendorong kemampuan berpikir siswa. Kedua, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Ketiga, memberikan siswa lingkungan belajar yang aktif dan bermakna (pembelajaran aktif). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis otak dapat meningkatkan minat belajar siswa.
References
Handayani, Astuti Budi, Hendro Widodo, and Waluyo Erry Wahyudi. “Penerapan Kurikulum Ismuba Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Smp Muhammadiyah Banguntapan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2020): 231–43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4558.
Harm, Ernest dalam Jalaluddin, Psikologi Agama: Memahami Prilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005
Jensen, Eric. 2008 Brain Based Learning, Yogyakarta: pustaka pelajar.
Majid, Abdul. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya, 2004.
Nikmah, Alfu, Pembelajaran Melalui braind based learning dalam pendidikan anak usia dini, ol. 3 No. 2 Juli-Desember 2015
Orina Rahayu Utami, “Penerapan Pendekatan Brain Based Learning(Bbl) Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar,” Word Press, Inspiring For Education”
Rohmah, Noer. “Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI.” Madrasah 6, no. 2 (2016): 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3313.
Salim Nahdi, Dede Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning, Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), Januari 2015
Shanck, Roger Teaching Mind: How Cognitive Science Can Save Our school (New York: Teacher College Press, 2011), 7.
Wahyudi, Nanang Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis brainbased learning di SMK Muhammadiyah 1 Temon, Tadris: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 15 No.2, 2020
Yulvinamaesari, Implementasi Brain Based Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Prosiding Seminar Nasional