KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.291Keywords:
Keterampilan Berpikir Kreatif, Project Based LearningAbstract
Berpikir kreatif adalah kemampuan menemukan solusi/masalah dengan cara yang bervariasi dan terbaru, memecahkan permasalahan matematika dengan mudah dan luwes, tetapi dapat diterima kebenarannya. Keterampilan berpikir kreatif sangat penting untuk menunjang perkembangan mahasiswa, terutama pada saat pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan yaitu kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini tentang bagaimana kemampuan berpikir kreatif mahasiswa calon guru Prodi PGMI Institut Al'Ma'arif Way Kanan dengan diterapkannya PJBL pada mata pelajaran Konsep Dasar Matematika MI. Proyek pembelajaran yang dihasilkan berupa video pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, pemberian angket, wawancara dan laporan proyek. Teknik analisis data menggunakan indikator berpikir kreatif yaitu (1) fluency (pemikiran lancar), (2) flexibility (pemikiran luwes), (3) originality (pemikiran orisinal), (4) elaboration (pemikiran terperinci) dan (5) evaluation (mampu menilai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PJBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa, aspek keterampilan berpikir kreatif mahasiswa tertinggi terdapat pada indikator pemikiran lancar dan pemikiran luwes
References
Alwiyah. (2020). Universitas Wiraraja. Universitas Wiraraja, 5(2). http://setnas-asean.id/site/uploads/document/journals/file/59b0f4b6b8306-20-cluster-ekonomi-univ-sumenep.pdf
Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594.
Antika, R. N., & Nawawi, S. (2017). The effect of project based learning model in seminar course to student’s creative thinking skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(1), 72–79. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i1.3905
Bédard, D., Dalle, D., & Boutin, N. (2012). Problem-based and Project-based Learning in Engineering and Medicine?: Determinants of Students ’ Engagement and Persistance. 6(2), 8–22.
Kubiatko, M. (2021). Project-based learning?: characteristic and the experiences with application in the science subjects. May 2014, 20–21.
Mann, E. L. (2006). Creativity?: The Essence of Mathematics. 30(2), 236–260.
Manurung, I. F. U. (2020). 52 Project Based Learning Activities?: Media Powtoon Dalam Pembelajaran Ipa Sd Untuk Menganalisis Keterampilan Berfikir Kreatif Mahasiswa. ESJ (Elementary School Journal, 10(1), 52–59. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/article/view/1625
Huda, Chotmil.(2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffiger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi dan. (n.d.).
Sanders, S. (2016). Journal of Student Engagement?: Education Matters. 6(1), 19–27.
Skills, T., & Environmental, F. O. R. (2015). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia THINKING SKILLS FOR ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY PERSPECTIVE OF NEW STUDENTS OF BIOLOGY EDUCATION DEPARTMENT THROUGH BLENDED PROJECT BASED LEARNING. 4(2), 110–119. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.3878
Soedjadi, R. (n.d.). INTI DASAR – DASAR PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. 1–10.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Yam, L. H. S., & Rossini, P. (2010). Effectiveness of project-based learning as a strategy for property education. Pacific Rim Property Research Journal, 16(3), 291–313. https://doi.org/10.1080/14445921.2010.11104306
Yuli, T., Siswono, E., Surabaya, U. N., Hartono, S., Indonesia, U. M., Kohar, A. W., & Surabaya, U. N. (2018). Effectiveness of project based learning in statistics for lower secondary schools. May 2022. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.75.11
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194
Zakiah, N. E., Matematika, P., Ciamis, U. G., Kontekstual, P., & Pendahuluan, A. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. 2, 11–29.