Pengaruh Manajemen Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Nanang Abdul Jamal Institut Al-Ma'arif Way Kanan
  • Muhamad Uyun Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Muhammad Isnaini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Miming Arjuni Institut Al-Ma'arif Way Kanan

DOI:

https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.239

Keywords:

manajemen, lingkungan belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak pengaruh manejemen lingkungan belajar terhadap psikologi belajar pada tingkatan Pendidikan dasar dan menengah atas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian korelatif. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, dokumentasi dan Analisis data Quisioner Teknik menggunakan Teknik analisis Kuantitatif dengan statistik inferensial menggunakan SPSS dan statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara manejemen lingkungan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 32,1% pada pengujian sampel Sekolah Dasar, dan 35,8% pada pengujian sampel Sekolah Menengah Atas. Dengan diketahui ada pengaruh manajemen lingkungan belajar terhadap motivasi belajar tentu perlu menjadi perhatian khusus oleh para penyelenggara Pendidikan baik kepala sekolah, pendidik dan tenaga non pendidikan untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan melalui pengaturan lingkungan belajar itu sendiri. Maka tersirat dari hasil penelitian ini adalah perlunya pelatihan khusus yang harus dilakukan oleh seluruh unsur penyelenggara Pendidikan untuk dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang berbagai macam atau model yang dapat digunakan dalam memanajemen lingkungan belajarnya.

References

Eneng Yuliana dkk, (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan: Journal Basicedu. Vol 7 No 1
Gloria Cristoper, (2018). Peranan Psikologi dalam Proses Pembelajaran di kelas, Jurnal Warta Edisi 18.
Herson Anwar, (2017). Manajemen Lingkungan Belajar Berbasis Pendidikan Islam, IRFANI: Jurnal of Islam Education, Vol 13 No 1. 48-55
Ninies Eryadini, (2020). Psikologi Belajar dalam Penerapan Distance Learning, Universitas PGRI Adibuana Lamongan: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 3 No 3
Rudi Haryadi, (2021). Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Guru, AoEJ (Akademi of Education Journal). Vol 12 No 2
Siti Aisah, dkk, (2023). Hubungan Kemampuan Menerapkan Manajemen Kelas Dan Etos Kerja Guru Dengan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan: Journal Basicedu. Vol 7 No 1
Syakillah Fi Ismi dkk, (2021). Peran Psikologi Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, AMIKOM-Veteran: Jurnal JURDIKBUD (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan). Vol 1 No 2
Syarifan Nurjan, (2015). Psikologi Belajar, Ponorogo: Wade Grup.
Syarwan Ahmad, (2011). Perspektif Psikologis Pembelajaran terhadap perkembangan Internet, Jurnal Ilmiah DIDKTIKA, Vol XII No 1.
Sardiyanah, (2014). Lingkungan Pembelajaran yang Eektif, Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, Vol 6 No 2.
Umi Kulsum, (2021). Psikologi Belajar Pada Pendidikan Anak Usia dini, IAI An-nur Lampung: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3 No 2. 184-200

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Jamal, N. A., Uyun, M., Isnaini, M., & Arjuni, M. (2023). Pengaruh Manajemen Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 321–327. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.239