PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN HUMANISTIK DI ERA 4.0 PARADIGMA ABRAHAM MASLOW DAN KI HAJAR DEWANTARA
Keywords:
Kata kunci: Karakter, Pendidikan Humanistik, Era 4.0Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi bangsa dalam membangun karakter yang kuat. Penelitian ini melihat bagaimana kedua tokoh tersebut dalam membentuk karakter melalui pendidikan humanistik sehingga membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Humanistik di Era 4.0: Dengan demikian pendidikan karakter ini termasuk fenomena yang saat ini sedang berubah drastis memasuki era masyarakat 4.0 ini dengan masuknya teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Sehingga apa yang dikhawatirkan akan berdampak negatif pada siswa, maka penelitian ini dilakukan sebagai bentuk informasi tersebut kepada setiap guru dalam memberikan tindakan dan pengajaran kepada siswa di era global. Artikel ini menggunakan metode penelitian analisis data secara kajian pustaka (library research), adalah analisis isi (content analysis) yaitu pembahasan secara mendalam. Dengan mengumpulkan data-data yang sesuai dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa keberhasilan belajar ditandai ketika siswa mengenali diri sendiri dan lingkungan sekitarnya dengan baik
References
Arbayah. 2013. ‘Model Pembelajaran Humanistik’. Dinamika Ilmu Volume 13 No 2.
Arifin M. 2019. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta Bumi Aksara.
Baharuddin dan Makin. 2007. Pendidikan Humanistik Konsep, Teori Dan Aplikasi Praktis Dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta?: Ar Ruz Media.
Budi Agus Sumantri, and Nurul Ahmad. 2019. ‘Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’. Fondatia?: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 3 No 2.
Darmalaksana, W. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmiyati Zuchdi, Ed.D. 2009. Humanisai Pendidikan; Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.
Eka Nova Irawan. 2005. Buku Pintar Pemikiran Tokoh-Tokoh Psikologi Dari Klasik Sampai Modern,”. Yogyakarta: IRCiSoD,.
Ensiklopedi Nasional Indonesia. 1989. ‘Jilid 4’. Jakarta: Cipta Adi Pustaka.
Farah Dina Insani. 2019. ‘Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’. As Salam I Volume VIII No 2.
Firdaus M. Yunus. 2004. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Idris, I. 2013. ‘Pembelajaran PKn Pada Tingkat SD/MI’. Jurnal Al ‘Ulum , Vol. 2,.
Imron Arifin. 2019. Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan Pada Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Universitas Negeri Malang.
Irna, H.N. Hadi Soewito. 1985. Soewardi Soeryaningrat Dalam Pengasingan. Jakarta: Balai Pustaka,.
Iskandar. 2016. ‘Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan’ Vol 4 No 1.
Ki Hajar Dewantara. 1962. Karya Bagian I: Pendidikan. Yogyakarta?: MLTS.
———. 2009. Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Ki Hariyadi,. 1989. Ki Hadjar Dewantara Sebagai Pendidik, Budayawan, Pemimpin Rakyat, Dalam Buku Ki Hadjar Dewantara Dalam Pandangan Para Cantrik Dan Mentriknya,. Yogyakarta?: MLTS,.
Komandoko, Gamal. 2007. Kisah 124 Pahlawan Dan Pejuang Nusantara. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Moh Yamin. 2009. “Menggugat Pendidikan Indonesia; Belajar Dari Paulo Freire Dan Ki Hajar Dewantara”. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung?: PT. Remaja Rosdakarya.
Paulo Freire,. 1972. Pedagogy of the Oppressed, Terj. Myra Bergman Ramos. New York: Penguin Books.
Riyanto, Y. 2010. ‘Paradigma Baru Pembelajaran’,. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouponin.
Satya, V, E. 2018. Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 10.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen, Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi,. Alfabeta, Bandung.
———. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cet. ke-1. Alfabeta Bandung.
Suriansyah, A. 2018. Implementation of the Total Quality Management Model to Support Quality of Work Culture at Primary School Teachers Education Program in Lambung Mangkurat University. Australian Jurnal of Basic and Applied Science.
Thobroni, M. dkk. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruzz Media.
Uyoh Sadullah. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan. (Bandung: Alfabeta,.
Zuhriah Nurul. 2008. Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual Dan Futuristik. Jakarta: PT Bumi Aksara.