IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN PKN DI MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i2.454Keywords:
Pendidikan Akhlak, PKN, MTsAbstract
Tujuan penelitian“ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan akhlak dalam proses pembelajaran PKn di MTs Negeri 1 Kota Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik MTs Negeri 1 Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh jika pada pelaksanaan pembelajaran PKn terdapat nilai akhlak yang sudah terintegrasikan diantaranya sifat siddiq, amanah, tabliq dan fatonah. Pada implementasi pendidikan akhlak yang terintegrasi pada pembelajaran PKn yaitu sifat siddiq ini mampu diintegrasikan dengan memberikan tugas pada peserta didik serta dalam prosesnya peserta didik dilarang mencontek. Selanjutnya sifat amanah dan tabliq dengan memberikan tugas di rumah atau PR pada peserta didik dan apabila tidak mengerjakan PR yang diberikan akan mendapatkan sanksi. Hal ini mampu meningkatkan kedisiplinan peserta didik serta meningkatkan rasa tanggung jawab, dengan terdapatnya integrasi yang diharapkan mampu mewujudkan peserta didik yang memiliki sifat fathonah yaitu cerdas baik terhadap pemahaman materi pelajaran ataupun berperilaku dalam merealisasikan akhlak yang baik demi mewujudkan peserta didik yang memiliki prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa.
References
Bafadhol, I. (2018). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.24929/alpen.v1i1.1
Budiutomo, T. W. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Academy of Education Journal, 4(1), 32–38. https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.94
Eko Purnomo & Nur Saidah. (2023). Komunikasi Profetik Sebagai Strategi Pendidikan Akhlak di Yayasan Keluarga Besar Ruqyah Aswaja Pusat Grobogan Jawa Tengah. RAUDHAH Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(April), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.290
Eli Meivawa, Badrun Kartowagiran, & in Rustini. (2018). Evaluation of character and moral education in elementary School. The Online Journal of New Horizons in Education, 8(4), 63–72.
Gunawati, D. (2012). Menerap Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Konfigurasi Pendidikan Kewarganegaraan. PKn Progresif, 7(2), 114–130.
Hendrawan, J. H., Halimah, L., & Amini, S. (2023). Efforts to Improve National Insights for Junior High School Civics Teachers and Students in the Era of Disruption 4.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 171–182. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2231
Ibda, F. (2012). PENDIDIKAN MORAL ANAK MELALUI PENGAJARAN BIDANG STUDI PPKn DAN PENDIDIKAN AGAMA. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 338–347. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.457
Iswan, Rahmi, F., & Kusmawati, A. (2019). Pembentukan karakter islami pada siswa sekolah dasar melalui pendekatan konsep sidiq, tabligh, amanah, fathonah, istiqomah (Stafi). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 20(2), 129–141. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/3533
Kaelan. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma.
Khairunnisah, N. A. (2015). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TAKE AND GIVE SISWA KELAS VII SMP BOPKRI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.58258/jime.v1i1.8
Manik, N. (2021). Internalisasi Sifat Terpuji Nabi Muhammad Saw Kepada Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Cepu Kota Subulussalam. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 153. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28863
Mukhsin, A. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di SMP IT Nur Ihsan IslamicFull DaySchool Medan [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/7563/1/Tesis.pdf
Sihombing, R. A., Hutagalung, J. F., & Lukitoyo, P. S. (2021). Pemahaman dan Pembinaan Norma Sopan Santun Melalui PPKn Pada Anak Sekolah GBI Sukma Medan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 37. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.20869
Siti Syamsiyatun, Wafiroh, N. (2013). Filsafat, Etika, dan Kearifan Lokal untuk Konstruksi Moral Kebangsaan. Globethics.net.
Sodiq, A. (2017). Implementasi Islamic Corporate Governance (ICG): Studi Kasus pada BMT Nusantara Umat Mandiri Kalidawir Tulungagung. The International Journal Of Applied Business Tijab, 1(November), 32–38.
Styowati, E. (2019). Pendidikan Karakter FAST (Fathonah, Amanah, Shidiq, dan Tabligh) dan Implementasinya di Sekolah. Deepublish.
Sumardjoko, B. (2015). Model Pembelajaran PKn di SMP Berbasis Kearifan Lokal. CV Jasmine.
Suparman. (2018). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Mts Nurul Huda Sukoharjo Kabupaten Lampung Tengah. In IAIN Metro. IAIN Metro.
Suprihatiningrum, J. (2017). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media.
Sutikno, S. (2022). Islam Dalam Globalisasi. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9(2), 298–311. https://doi.org/10.58518/madinah.v9i2.1447
Yanuarinna, B. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Aqidah Akhlak Sebagai Sarana Pembinaan [UNS-FKIP Pend.IPS]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/18201