KOMPERASI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF THOMAS LICONA DAN BUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYA DI ERA MODERN

Authors

  • Dimas Agung Prayoga UIN SUNAN KALIJAGA
  • Dwi Ratnasari UIN SUNAN KALIJAGA
  • Siti Khodijah Nurul Aula UIN SUNAN KALIJAGA

DOI:

https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i1.548

Keywords:

Character Education, Thomas Licona, Buya Hamka

Abstract

Pendidikan sangat penting untuk diterapkan pada peserta didik karena karakter dan kepribadian yang kuat pada diri peserta didik akan berdampak pada masa depan bangsa, sehingga kualitas pendidikan karakter harus benar-benar diterapkan dalam segala kegiatan pendidikan. Penelitian ini berfokus pada pandangan Thomas Lickona dan Buya Hamka tentang pendidikan karakter untuk mengetahui persamaan dan perbedaan, serta relevansi pemikiran Buya Hamka dan Thomas Lickona tentang pendidikan karakter di era modern. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik deduksi. Menurut pandangan Thomas Lickona tentang pendidikan karakter, ada tiga komponen mendasar dalam pendidikan karakter: nowing the good, viling the good, action the good. Menurut Buya Hamka tentang pendidikan karakter yang ditulis dalam bukunya yang berjudul “Kepribadian Hebat”, Buya Hamka mengungkapkan bahwa pendidikan karakter adalah upaya mengembangkan potensi-potensi dalam diri manusia berdasarkan nilai-nilai agama yang dirumuskan menjadi nilai-nilai universal bagi seluruh aktivitas manusia sebagai makhluk individu dan sosial. .

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Prayoga, D. A., Ratnasari, D., & Aula, S. K. N. (2024). KOMPERASI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF THOMAS LICONA DAN BUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYA DI ERA MODERN. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(1), 207–225. https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i1.548