PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI VIRTUAL REALITY (VR)

Authors

  • ALVIANI NUR BAITI ROHMAH UIN Sunan Kalijaga
  • EKA PUTRA ROMADHONA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • lUQYANA AZMIYA PUTRI UIN SUNAN KALIJAGA
  • ZUNUS ARIFIN UIN SUNAN KALIJAGA
  • VIKA KARTIKA SARI UIN SUNAN KALIJAGA

DOI:

https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.450

Keywords:

media pembelajaran, Virtual Reality (VR), Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak Pembelajaran yang efektif melibatkan berbagai komponen agar dapat bekerja sama mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam, hendaknya pendidik menyiapkan bahan ajar yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami isi mata pelajaran. Oleh karena itu, memiliki media pembelajaran yang tepat sangatlah penting. Apalagi di abad 21 ini sudah banyak yang mengandalkan teknologi berbasis, salah satunya Virtual Reality (VR). Virtual Reality (VR) merupakan aplikasi media pembelajaran yang dapat disimulasikan secara visual berdasarkan 3 dimensi yang mengajak Anda memasuki dunia maya. Tujuan penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) adalah agar pembelajaran tidak monoton, sekaligus meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah Virtual Reality (VR) memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran pendidikan Islam. Yang pada akhirnya pembelajaran dapat tersalurkan dan dipahami dengan mudah serta daya ingat meningkat sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

   Kata Kunci : media pembelajaran, Virtual Reality (VR), Pendidikan Agama Islam

              Abstrak Pembelajaran yang efektif melibatkan berbagai komponen agar dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses belajar mengajar dalam pendidikan Islam, hendaknya pendidik menyiapkan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami isi mata pelajaran. Oleh karena itu, memiliki media pembelajaran yang sesuai sangatlah penting. Apalagi pada abad 21 sudah banyak yang mengandalkan teknologi berasis, salah satunya dengan Virtual Reality (VR). Virtual Reality (VR) adalah suatu media pembelajaran aplikasi yang dapat disimulasikan visual berbasis 3 dimensi yang mengajak Anda masuk ke dunia virtual. Tujuan dari penggunaan teknologi Virtual Reality(VR) ) agar pembelajaran tidak monoton, sekaligus dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan bukti-bukti baik dari buku, jurnal, maupun penelitian terkait. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Virtual Reality (VR) memberikan dampak positif pada proses pembelajaran pendidikan Islam. Yang pada akhirnya pembelajaran dapat tersalurkan dan dipahami dengan mudah serta daya ingat akan semakin meningkat sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, Virtual Reality (VR), Pendidikan Islam

References

Al-Gindy, A., Felix, C., Ahmed, A., Matoug, A., & Alkhidir, M. (2020). Virtual reality: Development of an integrated learning environment for education. International Journal of Information and Education Technology, 10(3), 171–175.
Alfadil, M. M. (2017). Virtual Reality Game Classroom Implementation: Teacher Perspective and Student Learning Outcome. University of Northern Colorado.
Ariatama, S., Adha, M. M., Rohman, Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Using Virtual Reality (VR) Technology as an Efforts to Escalate Interest in Online Learning During Pandemic. 3(1), 1–10.
Bonner, E., & Lege, R. (2020). The State of Virtual Reality in Education (2020). (November).
Christou, C. (2010). Virtual reality in education. Affective, Interactive and Cognitive Methods for E-Learning Design: Creating an Optimal Education Experience, 228–243.
Curcio, I. D. D., Dipace, A., & Norlund, A. (2016). Virtual Realities and Education. Research on Education and Media, 8(2).
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99.
Elmqaddem, N. (2019). Augmented reality and virtual reality in education. Myth or reality? International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 234–242.
Falloon, G. (2010). Using Avatars and Virtual Environments in Learning: What do They Have to Offer? British Journal of Educational Technology, 41(1), 108–122.
Fernandez, & Augmented, M. (2017). Virtual Reality: How to Improve Education Systems. Higher Learning Research Communications, 7(1), 1–15.
Freitas, S., & Veletsianos, G. (2010). Crossing boundaries: Learning and teaching in virtual worlds. British Journal of Educational Technology, 41(1), 3–9.
Game, P., Pembelajaran, E., & Reality, B. V. (2020). Teknik Informatika , Universitas Teknologi Sumbawa. 2(3), 173–181.
Hoffmann, M., Meisen, T., & Jeschke, S. (2016). Shifting Virtual Reality Education to the Next Level Experiencing Remote Laboratories Through Mixed Reality. Springer, 235–249.
Lege, R., & Bonner, E. (2020). Virtual reality in education: The promise, progress, and challenge. JALT CALL Journal, 16(3), 167–180.
Lindgren, R., Tscholl, ?., Wang, S., & Johnson, E. (2016). Enhancing learning and Engagement Through Embodied Interaction Within a Mixed Reality Simulation. Computers & Education, 95, 174–187.
Loureiro, A., & Bettencort, T. (2014). The use of virtual environment as an extended classroom A case study with adult learners in tertiary education. Procedia Technology, 13, 97–106.
Pantelidis, & S., V. (2010). Reason to use virtual reality in education and training course and a model to determine when to use virtual reality. Journal Science and Technology Education, 2(1), 62.
Parong, J., & Mayer, R. E. (2018). Learning Science in Immersive Virtual Reality. Journal of Educational Psychology, 110(6), 785–797.
Paszkiewicz, A., Salach, M., Strza?ka, D., Budzik, G., Nikodem, A., Wójcik, H., & Witek, M. (2022). VR Education Support System—A Case Study of Digital Circuits Design. Energies, 15(1).
Pollard, K. A., Oiknine, A. H., Files, B. T., Sinatra, A. M., Patton, D., Ericson, M., … Khooshabeh, P. (2020). Level of Immersion Affects Spatial Learning in Virtual Environments: Results of a Three Condition Within Subjects Study with Long Intersession Intervals. Virtual Reality.
Prayudha, I. P. A. (2018). Aplikasi Virtual Reality Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Merpati, 5(2), 72–79.
Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2019). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers and Education, 103778.
Rodriguez, A., Rey, B., Clemente, M., Wrzesien, M., & Alcañiz, M. (2015). Assessing brain activations associated with emotional regulation during VR mood induction procedures. Expert Systems with Applications, 42(3), 1699–1709.
Salleh, S. M., Hasan, A. S. M., Salleh, N. M., Sapiai, N. S., Ghazali, S. A. M., Rusok, N. H. M., & Zawawi, M. Z. M. (2021). [Virtual Reality Technology of Hajj Practice: an Innovation of the Future] Teknologi Virtual Reality Amali Haji: Satu Inovasi Masa Hadapan. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 22(2), 56–63.
Scavarelli, A., Arya, A., & Teather, R. J. (2020). Virtual Reality and Augmented Reality in Social Learning Spaces: a Literature Review. Virtual Reality.
Sheila Maria Belgis Putri Affiza. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Google Earth berbasis Virtual Reality mata pelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Solok. Pendidikan Agama Islam, (8.5.2017), 2003–2005.
Southgate, E., Smith, S. P., Cividino, C., Saxby, S., Kilham, J., Weather, G., … Bergin, C. (2018). Embedding Immersive Virtual Reality in Classrooms: Ethical, Organisational and Educational Lessons in Bridging Research and Practice. International Journal of Child-Computer Interaction, 19.
Tokareva, J. (2018). The difference between virtual reality, augmented reality and mixed reality. Forbes.
Urueta, S. H., & Ogi, T. (2020). A tefl virtual reality system for high-presence distance learning. In Advances in Intelligent Systems and Computing. Springer International Publishing, 1036.
Vasileios, D. (2021). Enhancing Primary School Teaching through Virtual Reality. Journal of Computer Science Research, 3(2), 11–18.
Zaman, H. B., & Ahmad, A. (2017). Usage Concepts of Augmented Reality Technology in Islamic Study. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 9(3–11), 85–91.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

ROHMAH, A. N. B., ROMADHONA, E. P., PUTRI, lUQYANA A., ARIFIN, Z., & KARTIKA SARI, V. (2023). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI VIRTUAL REALITY (VR). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 372–385. https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.450